Kamis, 13 Januari 2011

Sejarah Software Grafis Terpopuler

Ini merupakan salah satu Software grafis terpopuler saingan dari Adobe, yaitu Corel Draw,. Corel Draw sendiri sangat berbeda dengan Adobe, Jika Adobe berfokus pada gambar-gambar bitmap, Corel Draw sendiri berfokus pada gambar vektor.

Berikut Sejarah dari software favorit saya. . . . 


Sejarah Coreldraw

Coreldraw adalah software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, X4, diluncurkan pada pertengahan Februari 2008 di Indonesia.
CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Sejarah Pengembangan

Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.
CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.


Fitur Andalan

Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
di atas merupakan sejarah singkat dari Corel Draw,. tapi berikut ini sejarah panjangnya. Dari versi 1 sampai X6(16)
1. corelDRAW versi 1 (1989)

CorelDRAW 1 berjalan dibawah Windows 2. dan 3.0. CorelDRAW ditransformasikan ke dalam 
program ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. sistem ini diinstal tanpa 
memerlukan perangkat lunak pihak ketiga seperti Adobe Type Manager. Instalasi dari software ini hanya menggunakan 2 disket 3,5 inch. Fiturnya sederhana namun cukup handal untuk ilustrasi/gambar saat itu. software ini sudah memadai untuk membuat kartu undangan, kartu nama, logo dan kop surat. fitur andalan dari corelDRAW versi 1 ini adalah kemampuan Bezier Tool dan Shape Tool yang cukup handal pada saat itu.

pada tahun 1990 corelDRAW mengalami perbaikan yaitu dengan keluarnya versi 1.11 dengan penambahan fitur Export/import untuk mendukung design 2D dan 3D

2. corelDRAW versi 2 (1991)

di versi ini corel cukup banyak menambahkan fitur yaitu Envelope (untuk teks distorsi atau objek menggunakan bentuk primer), Blend (untuk morphing bentuk), Extrude (untuk simulasi perspektif dan volume pada objek) dan Perspective (untuk mendistorsi objek sepanjang sumbu X dan Y).

3. corelDRAW versi 3 (1992)

di versi ini corel melakukan perbaikan dari efesiensi memory sehingga kinerja corelDRAW lebih cepat. kini design dapat dilihat/preview secara realtime tanpa harus tampilan wireframe lagi. corel photopaint untuk editor bitmap juga diluncurkan di versi ini.

4. corelDRAW versi 4 (1993)

di versi ini corelDRAW bisa multi-page. kemampuanya ditingkatkan sebagai software dekstop publishing seperti pagemaker. Namun penambahan yang tidak signifikan ini harus dibayar dengan penggunaan resource komputer yang lebih tinggi. Lagipula banyak ditemukan bug/error di versi ini.

5. corelDRAW versi 5 (1994)

versi ini merupakan versi yang populer dan cukup lama di gunakan para desainer dan tukang seting karena dilengkapi dengan color management, kalibrasi layar, printer, scaner, effect powerclip, artistic media, lens dan bitmap effect.

versi ini adalah yang paling berhasil di sistem operasi windows 3.1. sebelum kehadiran windows 95 yang legendaris karena long life name-nya. sebelumnya versi ini hanya bisa memberi nama file maksimal 8 karakter dan 3 karakter untuk extension seperti 
cocacolo.cdr.

6. corelDRAW versi 6 (1995)

karena kehadiran windows 95, maka corelDRAW versi 32-bit ini pun disesuaikan agar bisa berjalan baik di sistem operasi baru tersebut. di versi ini tidak banyak fitur baru tetapi hanya mengconvert engin corelDRAW versi 5 ke versi 6. banyak bug dan error di versi ini sehingga banyak pengguna yang kembali menggunakan corelDRAW versi 5.

7. corelDRAW versi 7(1997)

setelah dua tahun menunggu akhirnya muncul corelDRAW 7 yang lebih stabil dari versi sebelumnya yaitu corelDRAW 6. Fitur baru dari versi ini antara lain: property bar, komunikasi data *.psd (photoshop), suport alpha channel dan writing tools (Hyphen, SpellChecker, AutoCorect) seperti di microsoft word. kecepatan dari aplikasi ini pun lebih baik dari sebelumnya. tidak perlu upgrade hardware untuk menggunakan aplikasi ini.

8. corelDRAW versi 8 (1998)

versi ini hadir dengan fitur drop shadow, Distortion Tools, Multiple import, 3D dll. tapi untuk menjalankan aplikasi ini diperlukan spek hardware yang besar khususnya memory untuk bisa menggunakanya dengan lancar dan stabil.

9. corelDRAW versi 9 (1999)

versi ini memiliki kecepatan yang tinggi dan kompatible dengan adobe photoshop, suport Alpha Channel dan dilengkapi fitur Artistic Media, dan publikasi ke fitur pdf. selain itu versi ini memiliki tampilan warna yang cerah dan proses print yang sangat cepat serta dilengkapi preview sehingga sangat menunjang produktivitas. corelDRAW versi ini lebih cocok digunakan untuk anda yang lebih banyak berurusan dengan layout ketimbang ilustrasi.

10. corelDRAW versi 10 (2000)

Fitur barunya: convert pdf, corelRave, page sorter dan perbaikan fitur dalam proses cetak. tetapi akibatnya proses print menjadi semakin lambat dan memory yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini juga harus lebih besar lagi. CorelRave yang di gembor-gembor bakal menyaingi flash akhirnya tidak dilanjutkan lagi.

11. corelDRAW versi 11 (2002)

fitur barunya adalah: Symbol & 3 point curve. versi ini lebih sering crash/error jika memory RAM nya kurang. tidak banyak perubahan di versi ini dibandingkan versi-versi sebelumnya.

12. corelDRAW versi 12 (2004)
Nih favorit saya. perbaikan yang signifikan ada di corelDRAW versi 12. kini lebih stabil dan di tambah fitur yang biasa ada di AutoCAD seperti Dynamic Guideline dan Snap to Object (Quadrant, Node dll) sehimgga menggambar akan lebih presisi dan sempurna. namun ada kelemahanya juga, yaitu proses print yang sangat lambat.

13. corelDRAW versi X3 (13)(2006)

fitur baru dari versi ini adalah: Fillet/Chamfer, Bevel, Docker dan Smart Fill. versi ini lebih ditekankan pada pembuatan ilustrasi . meskipun belum bisa menyaingi Adobe Illustrator namun fitur-fitur seperti Fillet, Smart Fill, Powertrace (yang menggantikan Coreltrace) akan memudahkan dan menghemat waktu anda untuk membuat ilustrasi. namun hal tersebut harus dibayar dengan spek komputer yang cukup tinggi umtuk dapat menjalankan dengan nyaman.

14. corelDRAW versi X4 (14) (2008)

tampilan icon versi ini kembali CorelDRAW versi 3 (1992) yang sangat sederhana. fitur barunya antara lain: Color Management yang kompatible dengan Adobe, Tabel Interaktif, pengaturan dokumen otomatis dll. versi ini di buat untuk mengatasi kompatibilitas dengan windows vista.

15. corelDRAW versi X5 (15)(2010)

nah ini versi teranyar dari corelDRAW yang kompatible dengan processor Multy Core dan OS windows 7.. Fitur-fitur tambahanya adalah: CorelCONNECT, color management yang baru, webgrafis dan animation tools.dan masih banyak lagi fitur barunya..














screenshot corel DRAW dari versi 1-X5




UPDATE CorelDRAW X6 (v16)

 


16. corelDRAW versi X6 (16)(2012)

Coreldraw X6 akhirnya dirilis juga, tersedia dalam versi 32bit dan 64bit. Bagi para pengguna Windows 64bit pastinya akan memilih Coreldraw X6 versi 64bit yang akan sangat berpengaruh terhadap performa dari Coreldraw itu sendiri. Banyak fitur-fitur baru yang ada dalam Corel X6 ini diantaranya adalah :

Dukungan pada 64bit. Kita sekarang dapat memilih menggunakan versi 32bit atau 64bit pada Coreldraw dan Corel Photo Paint. Akan sangat menyenangkan menggunakan versi yang 64bit karena kita tentunya mementingkan kecepatan, kecepatan, dan kecepatan . Tentunya akan lebih menyenangkan menggunakan versi yang 64bit apabila dikomputer kita terpasang memory lebih dari 4 Gb.
Dukungan terhadap OpenType. Sekarang sudah banyak juga font jenis OpenType. Selain itu Coreldraw X6 juga sudah meningkatkan fitur Complex Script. Jadinya kita bisa menggunakan tulisan arab, dan tulisan bahasa lainnya dengan lebih baik dari versi sebelumnya yang memiliki banyak error di sana-sini.
Tool baru untuk membuat vektor secara kreatif antara lain Smear, Twirl, Attract dan Repeal.
Peningkatan pada fitur Powerclip yang lebih mudah dan lebih baik dari sebelumnya, para pengguna Powerclip pastinya akan bertambah senang menggunakan fitur ini.
Document Style. Mengatur Style dan Warna akan menjadi lebih mudah dari versi sebelumnya.
Software Pembuat Website. Membuat website sekarang lebih mudah dengan menggunakan Corel® Website Creator™ X6.
Bitmap and vector pattern fills.

Yang akan kita dapatkan dalam CorelDraw Graphic Suite X6 ini :

CorelDRAW® X6
Ini yang tentunya kita tunggu-tunggu, software pengolah vektor yang kita cintai.

Corel® PHOTO-PAINT™ X6
Ini software untuk mengedit foto dan file raster lainnya.

Corel® PowerTRACE™ X6
Ini adalah tool untuk membuat vektor dari file raster.

Corel® Website Creator™ X6*
Software baru bawaan Coreldraw Graphic Suite X6, untuk membuat website.

Corel CAPTURE™ X6
Tool yang cukup simpel untuk Screen Capture.

Corel® CONNECT™ X6
Tool pencari konten desain.

PhotoZoom Pro 2**
Ini adalah plug-in dari Corel PHOTO-PAINT unuk memperbesar gambar digital.

ConceptShare™
Tool untuk kolaborasi secara interaktif hasil pekerjaan kita menggunakan Coreldraw Graphic Suite X6

 

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 

Selamat Datang Di "K-sEm"

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang "K-sEm"

Berawal dari iseng. Hingga menjadi hobi. (TRESNO JALARAN SAKA GAK NO SING LIYA).

Contact

"K-sEm"