Minggu, 19 Desember 2010

10 Tips Membuat Konten Blog yang Baik

Banyak orang bilang, nyawa sebuah blog terletak pada konten-kontennya. Semakin sering seorang blogger memposting konten ke blognya, maka semakin hiduplah blog itu. Orang-orang akan semakin senang berkunjung ke blog tersebut karena banyak menemukan informasi ataupun referensi yang mereka butuhkan. Akibatnya, traffic pun terus mengalami peningkatan dan jika sang blogger memonetize blognya, maka ia akan memiliki peluang yang semakin besar untuk menambah penghasilannya.

Untuk membuat konten, maka seorang blogger harus menulis. Tentunya yang ia tulis adalah konten-konten yang sesuai dengan tema blognya terkecuali kalo sang blogger mengelola blog yang bertema umum. Agar konten-konten yang ditulis disukai pengunjung blog dan search engine, seyogyanya seorang blogger harus memperhatikan kaidah-kaidah menulis yang baik dan SEO friendly. Berikut adalah 10 Tips untuk menulis konten blog yang bisa anda jadikan pedoman dalam menulis konten blog Anda.


1. Tulislah Apa yang Anda Rasakan, Anda pikirkan dan Alami Sendiri untuk Konten Blog Anda
Kebanyakan orang suka mengunjungi blog karena tulisan-tulisan di blog bersifat personal, artinya ia dalam menulis berdasarkan apa yang ia rasakan, yang ia alami dan ia pahami sendiri tanpa campur tangan ataupun tekanan dari siapapun. Orang-orang biasanya ingin tahu apa yang sedang dipikirkan seseorang, bagaimana pendapatnya tentang sesuatu hal yang sedang aktual dan juga ingin mendengarkan pengalaman langsung dari sang penulis. Karena itu berusahalah menulis berdasarkan versi Anda sendiri, bukan copy paste dari situs atau blog orang lain.

2. Perbanyak Link
Berikan dukungan pada konten yang Anda tulis dengan link ke halaman web atau blog lain yang Anda jadikan referensi dalam menulis konten blog Anda.

3. Gunakan Kalimat-kalimat yang Efektif dan Efisien

Dalam menulis konten, hindari menggunakan kalimat yang bertele-tele pada konten Anda. Lebih baik langsung menuju ke inti permasalahan sebab mungkin saja pengunjung blog Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membaca artikel yang panjang dan bertele-tele.

4. Cukup dengan 250 Kata

Postingan yang panjang kadang tidak terlalu baik kecuali mungkin pada suatu masalah yang membutuhkan penjelasan detail. Usahakanlah membuat postingan yang pendek, cukup dengan 25o kata tetapi mengena ke inti permasalahan.

5. Buat Headline yang Tajam dan "Menggelitik" pada Judul Postingan Anda
Usahakan agar judul postingan Anda menggambarkan seluruh isi dari konten yang Anda buat, artinya dengan membaca judul postingan maka pengunjung tahu kira-kira apa isi dari tulisan Anda.

6. Masukkan Bullet Point untuk Tulisan yang Berupa List (daftar)
Untuk memudahkan orang membaca postingan yang berbentuk list (daftar), masukkanlahbullet number atau bullet point agar lebih enak dibaca.

7. Jadikan Postingan Anda Lebih Mudah untuk Dijelajahi

Untuk beberapa paragraf, tambahkan sub judul dengan kalimat yang pendek dan langsung ke inti bahasan

8. Konsisten dengan Gaya Menulis Anda
Dalam menulis sebuah konten, masing-masing blogger tentu memiliki gaya yang berbeda-beda. Maka Anda harus konsisten dengan gaya Anda dalam menulis sehingga pembaca blog Anda tahu apa yang Anda inginkan dari pembaca setelah selesai membaca tulisan Anda.

9. Tambahkan Kata Kunci (Keyword) pada Tulisan Anda

Cobalah menambah beberapa kata kunci yang mungkin digunakan oleh pengunjung di search engine. Namun penggunaan kata kunci harus sesuai dengan apa yang sedang Anda bahas dalam tulisan Anda.

10. Preview Postingan Anda
Sebelum menerbitkan tulisan Anda ke blog, sebaiknya anda lebih dahulu membaca kembali dan memeriksa kemungkinan adanya kesalahan atau kata-kata yang tidak tepat dalam postingan Anda. Jika Anda menemukan kesalahan, maka perbaikilah hingga kesalahan bisa di minimalisir dan setelah semuanya dirasa benar, maka terbitkanlah ke blog Anda

Itulah 10 tips yang saya berikan untuk Anda, semoga bisa menjadi pedoman bagi anda dalam menulis konten untuk postingan blog Anda. Teruslah menulis, karena menulis adalah kunci sukses seorang blogger.

Referensi:
http://www.problogger.net/archives/2005/12/30/tens-tips-for-writing-a-blog-post/

dan
http://ilmukomputerplus.blogspot.com/2010/12/10-tips-membuat-konten-blog-yang-baik.html

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

468x60

 

Selamat Datang Di "K-sEm"

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang "K-sEm"

Berawal dari iseng. Hingga menjadi hobi. (TRESNO JALARAN SAKA GAK NO SING LIYA).

Contact

"K-sEm"